Proses Organisasi



TUGAS KELOMPOK
SOFTSKILL


PROSES ORGANISASI

Disusun oleh :           
   1. Amalia Mulya Sari (10113761)
   2. Chandika (11113865)
   3. Elisabeth Irene (12113865)
   4. Enrico Kuncoro (12113910)
   5. Indriawan Sucahyo (14113410)
   6. Kun siddiq (14113882)
   7. Nurhafizah Israini (1A113000)
   8. Rachman  (19113801)
Dalam organisasi tentu perlu proses yang dibutuhkan untuk memanage atau mengatur organisasi tersebut untuk mencapai tujuan organisasi itu sendiri. Proses organisasi merupakan jiwa bagi struktur organisasi. Jika proses tersebut tidak berjalan dan berfungsi dengan baik, maka masalah yang tidak pernah diharapkan akan timbul dalam sebuah organisasi.

PROSES MEMPENGARUHI
Proses mempengaruhi adalah suatu bentuk kegiatan atau keteladanan yang baik secara langsung atau tidak langsung mengakibatkan suatu perubahan perilaku dan sikap orang lain atau kelompok. Dalam organisasi tugas pemimpin adalah mempengaruhi anggota yang dipimpinnya tersebut agar bertindak baik untuk mencapai visi dan misi dalam organisasi. Pengaruh dapat terjadi antar perorangan artinya seseorang mempengaruhi seseorang lainnya, kelompok dengan seseorang dan seseorang dengan kelompok. Elemen proses mempengaruhi ada 3 yaitu
a. Orang yang mempengaruhi
b. Metode yang mempengaruhi
c. Orang yang dipegaruhi

Proses saling mempengaruhi memiliki metode yang diantaranya adalah sebagai berikut:
  v  Kekuatan fisik, metode ini dilakukan menggunakan fisik, seperti menggunakan tangan dalam mempengaruhi individu maupun kelompok (berhubungan dengan kekerasan).
  v  Penggunaan sanksi, metode ini dilakukan dengan memberikan sanksi kepada individu maupun kelompok, sanksi yang diberikan berupa sanksi positif maupun negatif.
  v  Keahlian, metode ini dilakukan dengan keahlian, seseorang yang mempengaruhi mempunyai keahlian dalam mempengaruhi individu maupun kelompok. 
  v  Kharisma (daya tarik), pada metode ini seseorang yang dipengaruhi akan tertarik kepada orang yang mempengaruhi, karena orang tersebut memiliki kharisma tanpa harus menggunakan kekuatan fisik, sanksi maupun keahlian.

PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Pengambilan keputusan oleh seorang pemimpin yang bersifat apriori (berburuk sangka) selalu merupakan proses, baik yang berlangsung dalam pikiran maupun dalam kegiatan oprasioal pemecahan masalah. Proses pengambilan keputusan itu berlangsung dengan tahapan sebagai berikut :

a. Menghimpun data melalui pencatatan bahkan mungkin berupa kegiatan penelitian
b. Melalui analisis data
c. Menetapkan keputusan yang akan ditempuh
d. Mengoprasionalakan keputusan menjadi kegiatan
e. Selama berlangsungnya kegiatan sebagai pelaksana keputusan akan diperoleh data oprasional yang baru

Sementara itu tahapan-tahapan dalam proses pengambilan keputusan dapat dikemukakan sebagai berikut :

a. Tetapkan masalah
b. Identifikasi kriteria keputusan
c. Alokasikan bobot pada kriteria
d. Kembangkan alternative
Sebelum suatu keputusan dibuat,alternative yang masuk akal mesti dikaji dari akibat masing – masing alternative tersebut.

e. Evaluasi alternative
Hubungan antara alternative-hasil didasarkan tiga kondisi,  yaitu :
- kepastian
- ketidakpastian
- resiko

f. Pilih alternative terbaik

       *      Model-model Pengambilan Keputusan
-    Relationalitas Keputusan
-    Model-model perilaku pengambilan keputusan

       *     Teknik Pengambilan Keputusan
-    Teknik -teknik Kreatif: Brainstorming & Synectics
-    Teknik -teknik Partisipatif
Teknik -teknik pengambilan keputusan Modern : Teknik Delphi, Teknik Kelompok Nominal.



Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Proses Organisasi ini dipublish oleh Unknown pada hari Wednesday, August 6, 2014. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Proses Organisasi
 

0 comments:

Post a Comment