Tugas Karangan (Bahasa Indonesia 2)

Karangan Deksripsi :
Tomat adalah tanaman yang tinggi pohonnya tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi. Buahnya tidak terlalu besar berwarna agak kemerahan. Buahnya mengandung vitamin c.  Tomat merupakan makanan serba guna, seperti dapat dimakan sebagai buah. Di buat campuran sambal, di buat minuman jus dan  di buat sebagai sayur.


Karangan Eksposisi :
Pohon kelapa merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat. Semua bagian dari pohon kelapa bermanfaat untuk kehidupan. Mulai dari daun, daun yang masih muda dapat dibuat anyaman sebagai hiasan, daun kering dibuat anyaman untuk dinding, lidinya di raut dan dijadikan sapu. Batang kelapa bermanfaat untuk bahan bangunan. Akar pohon kelapa  yang berserabut dapat dijadikan penyerapan air. Dan terakhir buah kelapa. Buah kelapa ini berbentuk bulat. Di dalamnya terdapat air kelapa yang rasanya segar bila diminum. Di dalam kelapa juga terdapat daging, apabila masih muda sangat lezat di makan dan jika sudah tua daging kelapa bisa diparut, diberi air, lalu diperas untuk dijadikan santan yang dapat dimanfaatkan campuran berbagai masakan. Tidak hanya sampai di situ, batok kelapa pun dapat di jadikan sebagai arang yang dapat digunakan sebagai alat masak. Nah, begitu banyak manfaat tanaman kelapa, oleh sebab itu sepertinya perlu  ditanam di sekitar rumah kita.

Karangan Narasi :
Mentari pagi mulai muncul diiringi kokokan ayam jantan. Pak tani bersiap- siap pergi ke sawah. Dengan penuh semangat ia mengangkat cangkul. Bu tani menyusul di belakang sambil membawa bekal untuk makan siang. Sesampainya di sawah pak tani dan bu tani mulai bercocok tanam. Dengan penuh semangat di bawah teriknya matahari mereka bekerja. Tak peduli keringat yang mengucur deras. Sampai mentari pulang ke ufuk barat, pak tani dan bu tani kembali ke rumah untuk beristirahat.

Karangan Argumentasi :
Banyak anak-anak yang kurang pengawasan dari orang tua. Contoh kecil lalainya pengawasan orang tua adalah memberikan kebebasan anak untuk jajan di sekolah. Akibatnya, anak akan jajan sembarangan di tempat-tempat yang kurang bersih, sehingga menyebabkan mereka yang daya tahan tubuhnya lemah menjadi mudah sakit. Oleh sebab itu, sebaiknya orang tua lebih memperhatikan makanan yang dimakan anaknya saat di sekolah. Selain itu orang tua harus memberikan nasihat tentang bahaya jajan sembarangan dan alangkah baiknya membawakan anak bekal agar tidak jajan sembarangan saat di sekolah.

Karangan Persuasi :
Buah dan sayuran segar adalah contoh makanan non olahan yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Hal ini dikarenakan pada buah dan sayuran segar tidak mengandung bahan - bahan kimia, seperti penyedap, perasa, maupun pewarna yang sering kita temuka di dalam makanan olahan. Apabila kita rajin mengkonsumsi buah dan sayuran, maka tubuh kita akan mendapat berbagai macam vitamin dan mineral. Selain itu, kita juga bisa terhidar dari gangguan kesehatan yang disebabakan oleh makanan - makana cepat saji. Oleh karena itu, marilah mengkonsumsi buah - buahan dan sayuran segar agar tubuh kita sehat.

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Tugas Karangan (Bahasa Indonesia 2) ini dipublish oleh Unknown pada hari Monday, April 18, 2016. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Tugas Karangan (Bahasa Indonesia 2)
 

0 comments:

Post a Comment