Tugas Berita 2 (Bahasa Indonesia 2)


Dalam berita ini, mengandung unsur kalimat deduktif yang terdapat pada paragraf kedua (2)

Penjelasan :
Disebut paragraf deduktif karena pada paragraf 2 memiliki kalimat utama diawal, sedangkan kalimat selanjutnya adalah kalimat penjelas

Kalimat utama              : Wakil Presiden Jusuf Kalla menekankan pentingnya kebersamaan tersebut.
Kalimat penjelas 1         : Wapres Kalla mencontohkan, warga DKI Jakarta belum pernah bisa dijamin tanpa   banjir.
Kalimat penjelas 2         : Dalam beberapa kesempatan, Kalla menyarankan pemerintah kota/kabupaten         menginisiasi peraturan daerah yang mewajibkan masyarakat menjaga kebersihan       lingkungan tinggal.

Analisi cara menguji data :
  • ·         Observasi
Terkait penilaian Proper, Siti mengatakan, peserta tahun ini 2.137 perusahaan atau meningkat 12 persen dibanding tahun lalu. Sebanyak 21 perusahaan peringkat hitam (tanpa upaya sama sekali memenuhi peraturan pengelolaan lingkungan), 529 perusahaan merah (berupaya, tetapi belum memenuhi standar), 1.406 perusahaan biru (berupaya dan memenuhi standar), serta 61 perusahaan tidak diumumkan karena dalam proses hukum atau sudah tidak beroperasi.


  • ·         Kesaksian
Dalam beberapa kesempatan, Kalla menyarankan pemerintah kota/kabupaten menginisiasi peraturan daerah yang mewajibkan masyarakat menjaga kebersihan lingkungan tinggal. "Di negara-negara lain, peraturan semacam itu sudah diterapkan. Jika tidak dilaksanakan, (warga) akan diberi denda," ujarnya.


  • ·         Autoritas
Wakil Presiden Jusuf Kalla menekankan pentingnya kebersamaan tersebut. "Kebersihan bukan hanya tanggung jawab pemerintah daerah, melainkan juga masyarakat," katanya pada sambutan penyerahan penghargaan pada Malam Anugerah Lingkungan 2015 di Jakarta, Senin (23/11).


Hubungan kausal (sebab – akibat)

                Nilai TPA bagi kota kecil dan sedang minimal 74, sedangkan kota besar dan metropolitan minimal 75. Artinya, jika suatu kota punya nilai Adipura lebih dari atau sama dengan 75, tetapi nilai TPA-nya tidak memenuhi kriteria tadi, kota itu tak dapat penghargaan Adipura.

Daftar pusaka 

  • deni mahardika 2015. Adipura Saja Belum Cukup 24 November 2015
  • http://restieokti.blogspot.co.id/2012/03/cara-menilai-autoritas.html

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Tugas Berita 2 (Bahasa Indonesia 2) ini dipublish oleh Unknown pada hari Thursday, March 17, 2016. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Tugas Berita 2 (Bahasa Indonesia 2)
 

0 comments:

Post a Comment